Berprofesi sebagai arsitek, mendesain gedung-gedung pencakar langit di
dunia dengan bayaran selangit tentu akan sangat membanggakan.
Namun,
masa tempuh pendidikannya yang terbilang lama, biaya kuliah yang
dianggap mahal, dan dituntut ketelitian yang tinggi membuat banyak orang
yang enggan menekuni dunia ini.Seorang profesor arsitek di Lousiana,
Amerika Serikat, Kevin J Singh berbagi trik bagaimana cara menjadi
arsitek yang sukses. Apa saja? Berikut penjelasannya yang dilansir dari Archdaily, Sabtu (20/9/2014).
Pertama,
untuk menjadi seorang arsitek yang handal, Anda harus konsisten
berkarier di jalur yang Anda pilih. Anda juga harus memiliki sertifikat,
agar kemampuan Anda bisa diakui.
Kedua, jika Anda baru
memulai bekerja di sebuah perusahaan arsitektur, tunjukkan ide, energi
dan antusiasme Anda dalam bekerja sebagai anak muda.
Ketiga,
kembangkan jaringan. Memperbanyak jaringan pertemanan merupakan salah
satu kunci dari kesuksesan. Buka diri Anda, bergaul dengan komunitas
arsitektur yang ada di lingkungan Anda.
Keempat, sabar
jika Anda mendapatkan klien yang sok tahu. Jadilah seorang arsitek yang
profesional. Jelaskan dengan baik dan tunjukkan beberapa pilihan untuk
membuka pikiran si klien.
Kelima, jaga sikap. Dunia
arsitektur itu sangat sempit. Jaga setiap tindakan, keputusan dan sikap
yang Anda buat. Karena sekecil apapun kesalahan yang Anda buat, akan
selalu diingat oleh orang banyak.
Keenam, kembangkan
potensi diri. Menjadi arsitek merupakan pilihan Anda sendiri. Bekerja di
perusahaan arsitek harusnya membuat Anda bisa mendapat pengalaman. Tapi
jika Anda merasa tidak berkembang di sana, pindahlah, dan cari yang
lebih baik.
Ketujuh, berani mengeluarkan pendapat. Jika
sedang mengadakan rapat perusahaan, jangan takut untuk menyuarakan ide.
Dalam sebuah proyek yang dilakukan oleh sebuah perusahaan terdapat
banyak proses. Perusahaan tentu membutuhkan ide dan pendapat
karyawannya untuk mengambil keputusan.
Kedelapan,
rencanakan dengan matang target kerja Anda. Dalam pekerjaan, Anda harus
membuat target. Target ini diperlukan untuk menentukan hasil apa yang
sudah Anda dapatkan.
Kesembilan, jadi berbeda. Jadilah pribadi yang berbeda dalam arti positif. Kembangkan keterampilan dan kemampuan unik yang Anda miliki.
Terakhir,
bagi Anda yang masih duduk di bangku kuliah, jangan ragu untuk ikut
kerja paruh waktu. Dengan mengikuti kerja paruh waktu atau magang tentu
akan menambah pengetahuan Anda tentang bagaimana sebuah perusahaan
mengelola sebuah proyek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar